Sabtu, 06 Agustus 2011

Tag Dasar HTML

Tag dasar berarti elemen dasar. dokumen HTML secara mendasar akan terdiri atas teks informasi. judul atau topik utama dokumen disimpan dalam section/ elemen head, disimpan dalam elemen title, dengan tag <title>... </title>, title ini akan ditampilkan pada bagian caption dari windows browser web. hanya elemen title saja dari elemen head yang ditampilkan di browser, elemen lainnya dari head tidak ditampilkan, sebagai elemen yang menjelaskan tentang dokumen HTML yang bersangkutan.
Teks informasi ini akan disimpan dalam section/elemen body di dalam tag <body> dan </body>. teks disusun dalam paragraf-paragraf - tag <p>. teks juga mempunyai judul judul yang menunjukan topik-topik atau bagian bagian dalam dokumen - judul disebut sebagai heading. Heading didalam HTML mempunyai level 1 dengan 6. dinyatakan dengan tag <h1> s.d. </h6>.

  • HTML
merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. tag ini merupakan satu keharusan bagi pemograman web. untuk menuliskan tag pertama dalam dokumen HTML
<html> di awal dokumen dan </html> di akhir dokumen
  • Head
merupakan tag berikutnya setelah <html> untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan di tampilkan : <head> di awal setelah <html>, dan </head> di akhir section head
  • Title
merupakan tag di dalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul/informasi pada caption browser web tentang topik atau judul dari dokumen web yang akan ditampilkan dalam web browser :
<title> Judul Dokumen </title>
  • Body
merupakan section utama dalam dokumen web. pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan di dalam browser harus dituliskan. contoh :
<body> di awal segera setelah tag </head>
</body> di akhir, diletakan sebelum tag </html>
  • Paragraf
Informasi yang disajikan dalam dokumen harus mengikuti kaidah-kaidah dalam penulisan. misalnya satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf. setiap paragraf harus dimulai dengan memberikan tag <p>. di akhir paragraf tidak diharuskan menuliskan </p> sebagi akhir paragraf. karena tag <p> tidak didefinisikan mempunyai tag akhir. setiap pergantian paragraf harus dimulai dengan <p> kembali. CONTOH Listing di bawah :
<!-coba - minimum.html
<html>
<head>
           <title> sebuah contoh html sederhana </title>
</head>
<body>
<p> html mudah dibuat. selamat datang di dunia html. </p>
</body>
</html>

contoh di atas maka akan tampil seperti gambar di bawah :
Mungkin pembahsannya sekian, nanti dilanjutkan posting berikutnya. semoga bermanfaat bagi saya dan juga bagi teman teman..

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com